rss

Wednesday, April 05, 2006

teka-teki silang

6. (mendatar) kelam
mari kita pandang hidup sebagai sebuah teka-teki silang. sebidang persegi besar dengan persegi kecil-kecil di dalamnya, warna putih untuk diisi. persegi hitam jelas perlu ada, menjadi batas bahwa ada bagian hidup yg perlu digelapkan, tidak perlu diisi, tidak perlu diberi pertanyaan, apalagi dipertanyakan.

11. (menurun) kantor berita israel
hidup sering mempertemukan kita dengan pertanyaan-pertanyaan yang itu-itu lagi. membosankan, apalagi kita tidak persis tahu jawaban yang sesungguhnya. tapi jawaban pertanyaan itu ternyata bisa nyaris tersusun oleh huruf-huruf jawaban dari pertanyaan lain. mungkin kita cukup menambah satu huruf, agar jawaban itu menjadi ada dan klop semuanya. mungkin tambahan satu huruf itu tidak sepenuhnya benar untuk menunjuk jawaban benar akan pertanyaan misterius tadi. tapi akuilah, jawaban atas sebuah pertanyaan tidak melulu ada pada anda, tapi bisa dirangkai oleh yang lain.

17. (mendatar) temu
inti dari teka-teki silang adalah bukan pada pertanyaannya, tapi pada persilangannya. bila hidup adalah sebuah jalur panjang (yg kerap tidak lurus tegang), dia menjadi menarik ketika ada persimpangan yg membuat kita saling bersilangan jalur dengan yang lain. di persimpangan itu kita saling menyapa, bersenda gurau, bercinta lalu saling melambaikan tangan. tidak dosa untuk menangis, tapi bersyukurlah akan sebuah pengalaman pernah bersilangan. mungkin singkat, mungkin sakit, meski hanya satu huruf. tentu 'teka-teki sejajar' sangat tidak menarik. sebab dua jalur sejajar tidak pernah saling mengenal, tidak pernah saling melengkapi.

39. (menurun) sampai jumpa (rusia)
dalam hidup ala teka-teki silang, menjawab semua soal bukan tantangan paling utama. teka-teki silang yg menarik adalah yg tidak semua tercoret kotak putihnya. boleh-boleh saja kita begitu bernafsu mengisi semuanya. tapi masih ada lembar teka-teki silang lainnya, kan?

0 komentar: